KONFLIK SOSIAL DALAM KUMPULAN NOVELET TIGA OMBAK KARYA GOLA GONG: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

NARINDRI ARUMDA, LARASAJI (2021) KONFLIK SOSIAL DALAM KUMPULAN NOVELET TIGA OMBAK KARYA GOLA GONG: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Larasaji Narindri Arumda 1517500021 PBSI 2021 - Larasaji Narindri Arumda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Arumda, Larasaji. 2021. "Konflik Sosial dalam Kumpulan Novelet Tiga Gelombang Karya Gola Gong: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas". Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Dosen Pembimbing I Leli Triana, S., M. Pd. Pembimbing II, Vita Ika Sari, M. Pd. Kata kunci: konflik sosial, novelet, implikasi pembelajaran . Tujuan penelitian ini mendeskripsikan konflik sosial dalam kumpulan novelet Tiga Ombak karya Gola Gong dan implikasi pembeljaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah kumpulan novelet Tiga Ombak karya Gola Gong. Wujud data dalam penelitian ini adalah kalimat atau dialog yang mengandung konflik sosial dalam kumpulan novelet Tiga Ombak karya Gola Gong. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik simak dan teknik catat. Analisis data penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik analisis. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah teknik informal yaitu pemapaman dengan menggunakan katakata biasa. Hasil penelitian ditemukan konflik sosial dalam kumpulan novelet terdiri dari konflik sosial dalam diri individu 60%, konflik sosial antara kelompok dengan individu 17%, konflik sosial antara individu dengan individu 20%, dan konflik sosial antarkelompok 3%. Manfaat penelitian ini dapat diterapkan sebagai sarana pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada siswa sebagai subjek pembelajaran seharusnya dapat menganalisis kalimat dan dialog yang mengandung konflik sosial dalam novelet, dapat melatih kepekaan siswa dan dapat menulis sastra dengan baik. Bagi guru, hasil penelitian ini dapat diajarkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan mengemas sebaik mungkin pembelajaran tersebut dengan menyampaikan berbagai hal yang terkait konflik sosial agar siswa dapat belajar untuk tidak terlibat di dalam konflik sosial.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:17
Last Modified: 03 Feb 2022 03:28
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3707

Actions (login required)

View Item View Item