KONTRIBUSI KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Yulia Wijayanti, Eka (2021) KONTRIBUSI KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Thesis Eka Yulia Wijayanti (MP1) Upload - Eka Yulia Wijayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Eka Yulia Wijayanti, Kontribusi Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Literasi Sains Peserta Didik SMA Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020, Tesis, Tegal: Program Pascasarjana Magister Pedagogi UPS Tegal, 2021. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran mengenai kontribusi kecerdasan intelektual terhadap literasi sains, kontribusi kecerdasan emosional terhadap literasi sains, serta kontribusi kecerdasan spiritual terhadap literasi sains peserta didi kelas XII MIPA SMAN 3 Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini juga memberikan gambaran mengenai kontribusi secara bersamasama antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap literasi sains peserta didi kelas XII MIPA SMAN 3 Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan berjenis exspost facto. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri atas variabel kecerdasan emosional dan variabel kecerdasan spiritual. Sedangkan data mengenai variabel kecerdasan intelektual dan literasi sains didapat dari hasil nilai Tes IQ dan Tes Literasi Sains yang telah dilaksanakan secara mandiri oleh SMAN 3 Tegal. Sementara untuk uji hipotesis digunakan teknik analisis Regresi Ganda. Hasil analisis data membuktikan bahwa (1) Kecerdasan intelektual secara langsung berkontribusi terhadap literasi sains sebesar 0.001 dan nilai literasi sains dipengaruhi oleh faktor kecerdasan intelektual sebesar 6,5%. (2) Kecerdasan emosional secara langsung tidak berpengaruh terhadap nilai literasi sains karena memiliki taraf signifikansi sebesar 0.413 dan nilai literasi sains dipengaruhi oleh faktor kecerdasan emosional sebesar 0,30 % . (3) Kecerdasan spiritual secara langsung tidak berpengaruh terhadap nilai literasi sains karena memiliki taraf signifikansi sebesar 0.652 dan nilai literasi sains dipengaruhi oleh faktor kecerdasan emosional sebesar -0,07 %. (4) Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual berkontribusi terhadap literasi sains sebesar 6,75 %. Dengan kata lain, literasi sains dipengaruhi oleh faktor Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual sebesar 6,75 %. Sedangkan sisanya 93,25 % dijelaskan oleh variabel lain selain Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritutal. Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Literasi Sains.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Aug 2021 06:50
Last Modified: 03 Feb 2022 03:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3732

Actions (login required)

View Item View Item