MODEL PEMBELAJARAN SETS DENGAN METODE PRAKTIKUM PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

KUSMIANTY, DANTY (2019) MODEL PEMBELAJARAN SETS DENGAN METODE PRAKTIKUM PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Danty_Kusmianty_1815500021_SKRIPSI 1.pdf

Download (13MB)

Abstract

KUSMIANTY, DANTY. 2019. Model Pembelajaran SETS dengan Metode Praktikum pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Mobinta Kusuma, M.Pd., Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M.Si., Kata Kunci : Berpikir Kritis, Model Pembelajaran SETS, Metode Praktikum Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan model pembelajaran model pembelajaran SETS metode praktikum dengan metode FGD (Focus Group Discusion) dan (2) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan model pembelajaran SETS metode praktikum. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adala pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre test post test control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VII D berjumlah 32 anak dan kelas VII E berjumlah 32 anak. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal-soal tes kemampuan berpikir kritis, angket untuk mengukur respon peserta didik terhadap model pembelajaran SETS metode praktikum dan lembar observasi. Analisis diuji menggunakan Uji T dan Uji N-Gain. Hasil analisis data uji T diperoleh sig. 2 tailed 0,00 < 0,05 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen 68% menunjukkan cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SETS metode praktikum cukup efektif untuk diterapkan pada pembelajaran dan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:49
Last Modified: 16 Jan 2020 01:49
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item