MODEL PEMBELAJARAN BERMAKNA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA

Burhan Eko, Purwanto (2002) MODEL PEMBELAJARAN BERMAKNA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA. MODEL PEMBELAJARAN BERMAKNA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text
combinepdf (4).pdf

Download (515kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar biasanya guru dan siswa mengikuti pola kegiatan tertentu. Di bawah ini adalah contoh sebuah model belajar mengajar yang disebut “Model Pembelajaran Bermakna” yang berpandangan konstruktivitas dalam pemerolehan pengetahuan dan keterampilan. Konstruktivisme itu lahir dari pengakuan akan pengaruh yang kuat dari pembelajaran sebelumnya terhadap makna yang ditangkap oleh siswa. Fokusnya adalah pengertian. Kebermaknaan dipilih sebagai pendekatan karena lekatnya pada setiap aspek kurikulum yaitu (1) tujuan yang hendak dicapai, (2) pengalaman edukasional untuk mencapai tujuan itu, (3) organisasi pengalaman edukasional itu, dan (4) langkah-langkah evaluasi untuk menentukan kriteria keberhasilan pencapaian tujuan itu. Ada keterkaitan dan kesepadanan antara keempat aspek itu, karena masing-masing dimotivasi oleh kebermaknaan, yang tidak lain sebagai teori yang berperan sebagai motor penggerak. Pendekatan kebermaknaan ini sangat dekat dengan inti pokok konstruktivisme. Keduanya menekankan pentingnya pelajar mengasosiasikan pengalaman, fenomen, dan fakta-fakta baru ke dalam sistem pengertian yang telah dipunyai. Keduanya menekankan pentingnya asimilasi pengalaman baru ke dalam konsep atau pengertian yang sudah dipunyai siswa. Keduanya mengandaikan bahwa dalam proses belajar itu siswa aktif.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dr Burhan Eko Purwanto
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:45
Last Modified: 16 Jan 2020 01:45
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/383

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item