PROSES BELAJAR-MENGAJAR dengan PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Burhan Eko, Purwanto (2003) PROSES BELAJAR-MENGAJAR dengan PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME. PROSES BELAJAR-MENGAJAR dengan PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME. (Unpublished)

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
combinepdf (5).pdf

Download (359kB)

Abstract

Ciri utama GBPP 1994 adalah dipilihnya kebermaknaan sebagai pendekatan yang lekat pada setiap aspek kurikulum yaitu (1) tujuan yang hendak dicapai, (2) pengalaman edukasional untuk mencapai tujuan itu, (3) organisasi pengalaman edukasional itu, dan (4) langkah-langkah evaluasi untuk menentukan kriteria keberhasilan pencapaian tujuan itu. Ada keterkaitan dan kesepadanan antara keempat aspek itu, karena masing-masing dimotivasi oleh kebermaknaan, yang tidak lain sebagai teori yang berperan sebagai motor penggerak. Fungsi teori adalah untuk memerikan, mempraduga, dan menjelaskan fenomena kurikuler dan berperan sebagai kebijakan atau petunjuk bagi kegiatan-kegiatan kurikuler itu. Dengan demikian pemahaman kita akan kata kunci kebermaknaan akan membantu kita memahami wujud kurikulum 1994 ini, sebagaimana tampak dalam keempat aspek tersebut di atas. Buku teks sebagai cerminan dari rencana organisasi pengalaman edukasional, juga mesti mencerminkan pendekatan kebermaknaan ini. Pendekatan kebermaknaan ini sangat dekat dengan inti pokok konstruktivisme. Keduanya menekankan pentingnya pelajar mengasosiasikan pengalaman, fenomen, dan fakta-fakta baru ke dalam sistem pengertian yang telah dipunyai. Keduanya menekankan pentingnya asimilasi pengalaman baru ke dalam konsep atau pengertian yang sudah dipunyai siswa. Keduanya mengandaikan bahwa dalam proses belajar itu siswa aktif.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dr Burhan Eko Purwanto
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:45
Last Modified: 16 Jan 2020 01:45
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/384

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item