PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DISCLOSURE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG), RETURN ON ASSETS (ROA), DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2020

Moch. Nizzar Ghifari, . (2021) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DISCLOSURE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG), RETURN ON ASSETS (ROA), DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_MOCH. NIZZAR GHIFARI_4117500259 - nizzar gh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Moch. Nizzar Ghifari, Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, Good Corporate Governance (GCG), Return On Assets (ROA), dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Firm Size Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 - 2020. Skripsi : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial, moderasi dan simultan dari variabel CSR, GCG, ROA, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Hipotesis penelitian ini : (1) terdapat pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan. (2) terdapat pengaruh GCG terhadap nilai perusahaan. (3) terdapat pengaruh ROA terhadap nilai perusahaan. (4) terdapat pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan. (5) firm size memperkuat CSR, GCG, ROA, leverage terhadap nilai perusahaan. (6) terdapat pengaruh CSR, GCG, ROA, leverage secara simultan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi yaitu data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020 yang berjumlah 193 emiten. Sampel penelitian ini berjumlah 13 emiten yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah stat istik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) CSR secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikan 0,295 > 0,05. (2) GCG secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikan 0,006 < 0,05. (3) ROA secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikan 0,00 < 0,005. (4) leverage (DR) secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05. (5) Firm size tidak mampu memoderasi (memperkuat atau memperlemah) pengaruh CSR, GCG, ROA, leverage terhadap nilai perusahaan. (6) CSR, GCG, ROA dan leverage secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Kata kunci : corporate social responsibility (CSR), good corporate governance (GCG), return on assets (ROA), leverage, ukuran perusahaan, nilai perusahaan

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:41
Last Modified: 03 Feb 2022 02:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3852

Actions (login required)

View Item View Item