MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Pokok Bahasan Segitiga pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019)

SEPHARINI, YOSIA NOVEANIKA (2019) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Pokok Bahasan Segitiga pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Veka.pdf

Download (4MB)

Abstract

SEPHARINI,YOSIA NOVEANIKA. 2019. “Model Pembelajaran Course Review Horray untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik (Studi Eksperimen pada Pokok Bahasan Segitiga pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Hj. Isnani,M.Si.,M.Pd, Pembimbing II Drs. Suwandono, M.Pd, Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horray,Keaktifan, dan Kemampuan Komunikasi Matematis Sebagian besar peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang rendah.Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat kemampuan komunikasi matematis.Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran Course Review Horray. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuktikan: (1) Kemampuan komunikasi matematis dapat mencapai target, (2) Keaktifan dapat mencapai target, (3) Pengaruh positif keaktifan menggunakan model pembelajaran Course Review Horray terhadap kemampuan komunikasi matematis, (4) Kemampuan komunikasi matematisterhadap model pembelajaran Course Review Horray dengan model konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes dengan jumlah 301 populasi peserta didik dari 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIIC sebagai kelas uji coba, VIID kelas eksperimen, dan VIIE sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah (1) Hipotesis pertama proporsi dan uji t, (2) Hipotesis kedua presentase skor, (3) Hipotesis ketiga regresi linear sederhana, (4) Hipotesis keempat uji t 2 sampel. Dimana sebelumnya data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Brebes dapat disimpulkan :(1) kemampuan komunikasi matematis dapat mencapai target, (2) Keaktifan dapat mencapai target, (3) Ada pengaruh positif keaktifan yang diajar menggunakan model pembelajaran CRH terhadap kemampuan komunikasi matematis, (4) Pada peserta didik yang diajarkan menggukan model pembelajaraan CRH lebih baik daripada kelas konvensional.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:50
Last Modified: 16 Jan 2020 01:50
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item