PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA OJEK ONLINE (OJOL) GRABBIKE DI KOTA TEGAL

SETIYAWATI, ARUM DEWI (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA OJEK ONLINE (OJOL) GRABBIKE DI KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
ARUM DEWI SETIYAWATI-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SETIYAWATI ARUM DEWI. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada ojek online (OJOL) GrabBike di Kota Tegal. Pembimbing I : Dr. Hj. Faridah, M.Si Pembimbing II : Neni Hendaryati M.Pd Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang banyak dituntut menggunakan angka sebagai sumber pengolahan sampai penyajian hasilnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen ojek online (OJOL) GrabBike di Kota Tegal selama satu minggu yaitu 1000 konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling untuk mengambil sampel. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus Slovin dari jumlah populasi 1000 menjadi 100 konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket dalam bentuk pernyataan sebanyak 22 item yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data analisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada ojek online (OJOL) GrabBike yang dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis regresi linear sederhana yaitu Y = 16,078 + 0,520X, dengan nilai signifikansi dari variabel kualitas pelayanan sebesar 0,000 karena nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen pada ojek online (OJOL) GrabBike di Kota Tegal, yang berarti H_a diterima sedangkan H_0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada perusahaan Grab untuk meningkatkan kualitas pelayanan terutama pelayanan pada ojek online (OJOL) GrabBike serta untuk lebih meningkatkan kenyamanan konsumen dan diharapkan melakukan evaluasi mengenai pelayanan guna membuat kepercayaan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:50
Last Modified: 04 Feb 2022 07:09
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item View Item