BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BEHAVIOR TERHADAP KEMANDIRIAN SOSIAL ANAK

Rahayu, Windiyati (2019) BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BEHAVIOR TERHADAP KEMANDIRIAN SOSIAL ANAK. BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BEHAVIOR TERHADAP KEMANDIRIAN SOSIAL ANAK. pp. 1-6.

[img] Text
artikel windi.doc

Download (74kB)

Abstract

Abstrak Pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah merupakan usaha membantu peserta didik dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan da perkembangan karir. Pelayanan bimbingan dan konseling memfasilitasi pengem bangan peserta didik secara individual, kelompok, dan atau klasikal, sesuai dengan kebutuhan , potensi, bakat, minat, perkembangan, kondisi, serta peluang-peluang yang dimiliki. Pelayanan ini juga membantu mengatasi kelemahan dan hambatan serta masalah yang dihadapi peserta didik. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan usia peserta didik, seorang anak perlahan-lahan akan melepaskan diri dari ketergantungannya pada orangtua atau orang lain di sekitarnya dan belajar untuk mandiri. Guru dan orangtua diharapkan dapat memberikan kesempatan pada mereka agar dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, belajar mengambil inisiatif, mengambil keputusan mengenai apa yang ingin dilakukan dan belajar mempertanggungjawabkan segala perbuatannya. Dengan demikian anak atau peserta didik akan dapat mengalami perubahan dari keadaan yang sepenuhnya tergantung pada guru dan orang tua menjadi mandiri secara emosi dan sosial. Kata kunci : Bimbingan kelompok, Teknik Behavior, dan Kemandirian sosial. Abstract Counseling and guidance services in schools are efforts to help students in the development of personal life, social life, learning activities, and planning and career development. Counseling and guidance services facilitate the development of individual, group and / or classical students, according to their needs, potential, talents, interests, developments, conditions, and opportunities. This service also helps overcome weaknesses and obstacles and problems faced by students. As time passes and the age of students progresses, a child will slowly break away from his dependence on parents or other people around him and learn to be independent. Teachers and parents are expected to be able to provide opportunities for them to develop their abilities, learn to take initiatives, make decisions about what they want to do and learn to take responsibility for their actions. Thus children or students will be able to experience changes from circumstances that are entirely dependent on the teacher and parents to become emotionally and socially independent. Keywords : Group guidance, Behavior techniques, and social independence.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LD Individual institutions (United States)
L Education > LF Individual institutions (Europe)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Windiyati Rahayu
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:16
Last Modified: 12 Aug 2019 07:16
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item View Item