IMPLEMENTASI MODEL PJBL BERBANTUAN PADLET PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP LITERSI SAINS SISWA

IKHZA KHAERUL ANWAR, . (2021) IMPLEMENTASI MODEL PJBL BERBANTUAN PADLET PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP LITERSI SAINS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SEKRIPSI_IKhza_PJBL - Ikhza Khaerul.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ANWAR, IKHZA KHAERUL.2021. Implementasi Model Pjbl Berbantuan Padlet Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Literasi Sains Siswa. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Yuni Arfiani, M. Pd. Pembimbing II : Muriani Nur Hayati, M. Pd. Kata kunci : PjBl, Padlet, Literasi Sains Penelitian ini bertujuan Untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh pada pembelajaran menggunakan model PjBl berbantuan Padlet pada materi pencemaran lingkungan terhadap literasi siswa; 2) Untuk mengetahui hasil repon siswa dalam pembelajaran menggunakan model PjBL berbantuan Padlet pada materi pencemaran lingkungan terhadap literasi sains siswa. Jenis Penelitian ini bentuk quasi eksperimen dengan penelitian Pretest-postTest control goup design. Populasi dari peneletian ini adalah peserta didik kelas VII MTs N 5 Tegal tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan purpose sampling dan diperoleh kelas VII (Unggulan) sebagai kelas Eksperimen dan VII (A) sebagai kelas kontrol. Adapun data diambil dengan dengan menggunakan angket, dokumentasi, dan tes. Data di analisis menggunakan Independent Sample T-Test dan koefisien determinasi. Sebelumnya data dilakukan menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukan perlakuan terhadap subjek penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok eskperimen menggunakan Padlet dan kelompok kontrol groub WhatsApp. Aplikasi Padlet digunakan pada 20 peserta didik kelas eksperimen dan pada Groub WhatsApp ada 15 peserta didik untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran model PjBL secara online dengan Pretest dan PostTest. Nilai Pretest kelas eksperimen 71,79 dan nilai PostTest 75,94. Kemudian pada kelas kontrol nilai Pretest 60,27 dan nilai PostT est 66,53. Selanjutnya nilai N-Gain kelas Eksperimen sebesar 0,35 dan kelas kontrol sebesar 0,31 menunjukan dalam kategori sedang. Simpulan dalam penelitian ini yaitu implementasi model PjBl berbantuan berbantuan Padlet pada materi pencemaran lingkungan berpengaruh terhadap literasi sains siswa sebesar 4,6%. Kata kunci: PjBl, Padlet, Literasi Sains

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:44
Last Modified: 03 Feb 2022 01:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4003

Actions (login required)

View Item View Item