PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI (Studi Deskriptif Penilaian Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Penilaian Tengah Semester Genap Kelas IV,V dan VI Sekolah Dasar di Kecamatan Larangan Tahun Ajaran 2020/2021)

ROSSA ISNANDA YULISTIAWATI, . (2021) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI (Studi Deskriptif Penilaian Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Penilaian Tengah Semester Genap Kelas IV,V dan VI Sekolah Dasar di Kecamatan Larangan Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi_Rossa_Isnanda_Yulistiawati_1817500003_September_2021 - Rossa Isnanda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

YULISTIAWATI, ROSSA ISNANDA. 2021 Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I M. Aji Fatkhurrohman, M.Pd. Pembimbing II Mobinta Kusuma, M.Pd. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar IPA. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kompetensi pedagogik guru selama masa pandemi pada Sekolah Dasar di Kecamatan Larangan. (2) Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Larangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar di Kecamatan Larangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan multistage random sampling. Sampel yang diambil untuk penelitian ini yaitu guru sebagai subyek penilaian kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar kognitif siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan instrumen non tes berupa angket penilaian kompetensi pedagogik guru dan dokumentasi dari hasil belajar kognitif berupa nilai PTS mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis dengan uji korelasi pearson product moment IBM SPSS 21. Hasil penelitian disimpulkan (1) Kompetensi pedagogik guru selama masa pandemi sesuai dari hasil angket penilaian kompetensi pedagogik guru memiliki rata-rata sebesar 82,98 dengan kategori tinggi atau sangat baik. (2) Kompetensi pedagogik guru berpengaruh kuat terhadap hasil belajar IPA terlihat dari hasil uji hipotesis menghasilkan nilai sebesar 0,000 < 0,05 , adanya nilai korelasi r hitung (pearson correlation) antara kedua variabel yaitu 0,724.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:38
Last Modified: 03 Feb 2022 01:49
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4008

Actions (login required)

View Item View Item