IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN GETARAN DAN GELOMBANG MELALUI METODE FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI

DEWANTI PRATIWI, . (2021) IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN GETARAN DAN GELOMBANG MELALUI METODE FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Dewanti Pratiwi_ 1817500012_PEND IPA - Dewanti Pratiwi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PRATIWI, DEWANTI. 2021. Implementasi Video Pembelajaran Getaran dan Gelombang Melalui Metode Flipped Classroom Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi.Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Mobinta Kusuma, M.Pd Pembimbing II Muriani Nur Hayati, M.Pd Kata Kunci : Metode flipped classroom, video pembelajaran, keaktifan, hasil belajar, getaran dan gelombang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan keefektifan video pembelajaran IPA getaran dan gelombang melalui metode flipped classroom terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa (2) Menentukkan perbedaan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa antara metode flipped classroom menggunakan video pembelajaran dengan metode flipped classroom tanpa video pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini yaitu Siswa Kelas VIII SMP N 2 Ampelgading. Sampel dalam penelitian ini adalah 19 siswa kelas VIII C merupakan kelas eksperimen dan 18 siswa kelas VIII D merupakan kelas kontrol. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan design pretest-posttest control group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes, wawancara, dokumentasi, serta angket. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran menggunakan metode flipped classroom dengan video pembelajaran cukup efektif dari pada pembelajaran menggunakan metode flipped classroom tanpa video pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa dengan nilai uji N-Gain sebesar 57,72. (2) Terdapat perbedaan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai hasil uji independent sampel t-test mendapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,02 <0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:32
Last Modified: 03 Feb 2022 01:51
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4011

Actions (login required)

View Item View Item