PERAN GURU BK DALAM MENGATASI DAMPAK KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA DI SMA NEGERI 5 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ISNA AFIYANI WIHAR, . (2021) PERAN GURU BK DALAM MENGATASI DAMPAK KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA DI SMA NEGERI 5 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI- ISNA - UNS Creative.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

WIHAR, ISNA AFIYANI.2021. Peran Guru BK Dalam Mengatasi Dampak Kecanduan Game online Pada Siswa Di SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Suriswo, M.Pd Pembimbing II : Drs. Achmad Suhud, M.Pd Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Kecanduan Game Online Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kecanduan game online pada siswa dan peran guru BK dalam mengatasi dampak dari kecanduan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun cara pengambilan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, dampak kecanduan game online yang paling nampak ditandai dengan hasil belajar siswa yang menurun serta siswa cenderung menjadi pasif saat pembelajaran offline maupun online. Game online menyebabkan anak tidak fokus dengan proses pembelajaran, kecenderungan anak yang tidak memperhatikan gurunya pada saat proses belajar mengajar di sekolah. Pikiran mereka hanya tertuju pada game online favoritnya, lupa mengerjakan PR, bahkan tidak ada persiapan untuk ulangan harian, sehingga, hasil belajar tampak menurun. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak kecanduan game online pada siswa diantaranya adalah menyebabkan siswa tidak fokus dengan proses pembelajaran, kecenderungan anak yang tidak memperhatikan gurunya pada saat proses belajar mengajar di sekolah. Peran Guru BK dalam mengatasi dampak dari kecanduan game online pada siswa yaitu dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok dan konseling individu untuk dapat membantu individu sebagai proses antar pribadi yang dinamis dengan memusatkan pada kesadaran perilaku siswa yang kecanduan game online. Selain itu, dalam mengatasi dampak kecanduan game online guru BK menerapkan layanan khusus yaitu dengan Terapy Behavioral. Terapy Behavioral dilakukan untuk merubah perilaku dan mengurangi rasa kecanduan salah satunya kecanduan game online. Adapun saran yang dapat diajukan untuk orangtua diharapkan dapat memperhatikan dan mengawasi secara langsung aktivitas anaknya agar lebih bisa mengatur waktu sehingga tidak terlalu larut dalam permainan game online. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan terkait dengan peran guru Bk dalam mengatadi dampak kecanduan game online serta dapat dijadikan sebagai bahan pengembangan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:21
Last Modified: 03 Feb 2022 01:22
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4036

Actions (login required)

View Item View Item