PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Penelitian pada Siswa Kelas X SMA Negeri Se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020

LYDIA ARFANI SUANGGA, . (2021) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Penelitian pada Siswa Kelas X SMA Negeri Se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_LYDA ARFANI SUANGGA_PMTK_1716500033 - Diddy SA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

SUANGGA, LYDIA ARFANI. 2020. “Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi H, M.Pd. Pembimbing II`: Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom. Kata kunci: hasil belajar matematika; kebiasaan belajar; sikap siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan : (1) bagaimana pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika; (2) bagaimana pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar matematika; (3) bagaimana pengaruh kebiasaan belajar dan sikap siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 1147 siswa. teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan jenis propotionate stratified random sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 297 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan angket. Untuk mengetahui hasil belajar matematika dan angket yang menggunakan skala likert 4 untuk data kebiasaan belajar dan sikap siswa. data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar dan hasil belajar matematika diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,157 > 1,976. Persentase sumbangan pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 84%; (2) Terdapat pengaruh antara sikap siswa terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,310 > 1,968. Persentase sumbangan pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 18%; serta (3) Terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar dan sikap siswa terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 5,018 > 3,026. Persentase sumbangan pengaruh kebiasaan belajar dan sikap siswa terhadap hasil belajar matematika sebesar 33%. Taraf Signifikansi yg dipakai dlm penelitian ini adalah 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebiasaan belajar dan sikap siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas X SMA Negeri Se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, TahunAjaran 2019/2020.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:39
Last Modified: 03 Feb 2022 01:25
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4045

Actions (login required)

View Item View Item