PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP PGRI 2 CILONGOK

PUPUT YENING LESTARI, . (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP PGRI 2 CILONGOK. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi.puput-compressed - UNS Creative.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Puput Y.Lestari.2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP PGRI 2 Cilongok .Skripsi.Bimbingan Konseling Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd Pembimbing II Drs. Sukoco. KW, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring pada siswa kelas IX SMP PGRI 2 Cilongok, (2) mengetahui motivasi belajar siswa kelas IX SMP PGRI 2 Cilongok, (3) mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP PGRI 2 Cilongok Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kulaitatif dan korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP PGRI 2 Cilongok yang berjumlah 65 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistic Deskriptif, Person Product Moment dan analisis korelasi sederhana dengan menggunakan variabel pembelajaran daring (X) dan motivasi belajar (Y). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran daring pada siswa kelas IX dengan frekuensi terbanyak yaitu sebesar 35 dan presentase 54 % berarti proses pembelajaran daringnya berjalan dengan baik, (2) motivasi belajar siswa kelas IX dengan frekuensi terbanyak yaitu sebesar 47 dan presentase 72 % berarti motivasi belajarnya dalam kategori baik, (3) Pada nilai signifikansi 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 maka pada pembelajaran daring (Variabel X) terhadap motivasi belajar (Variabel Y) berkorelasi / ada hubungan. Interprestasi koefisien korelasi nilai r dengan nilai person correlation sebesar 0,428 maka tingkat hubunganya adalah cukup kuat. nilai F hitung = 14,148 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,000 kurang dari 0,05 maka nilai regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel pembelajaran daring atau ada pengaruh pembelajaran daring (variabel X) terhadap Motivasi Belajar (variabel Y). koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,183 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (pembelajaran daring) terhadap variabel terikat (motivasi belaja) adalah sebesar 18,3 %. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Covid-19, Motivasi Belajar

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:50
Last Modified: 03 Feb 2022 01:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4062

Actions (login required)

View Item View Item