ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BPJS DI RSUD KABUPATEN BREBES TAHUN 2021

RAGIL PRIYADI, . (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BPJS DI RSUD KABUPATEN BREBES TAHUN 2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_RAGIL PRIYADI_2116500045_ILMU PEMERINTAHAN - Ragil Priyadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Priyadi, Ragil. 2116500045. 2021. Analisis Kualitas Pelayanan BPJS di RSUD Kabupaten Brebes Tahun 2021. Skripsi. Program Studi Ilmu Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Hj. Sri Sutjiatmi, M.Si., Pembimbing II: Unggul Sugiharto, S.IP., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Brebes dan mendeskripsikan hambatan peningkatan kualitas pelayanan BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Brebes. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif untuk memperoleh data yang berkaitan dengan kualitas pelayanan pengguna BPJS, diharapkan dapat diungkapakan situasi dan permasalahan yang dihadapi masyarakat pengguna BPJS dalam memperoleh pelayanan yang baik di rumah sakit. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas pelayanan BPJS di RSUD Kabupaten Brebes dalam hal wujud atau bukti fisik (tangiblel) sudah baik. Peralatan rumah sakit sudah modern dan sesuai standar yang berlaku, dokter dan perawat rumah sakit sudah berpenampilan sopan dan menarik ditambah lagi dengan adanya bangunan-bangunan baru di rumah sakit. Hambatan peningkatan kualitas pelayanan BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Brebes meliputi hambatan dari faktor internal dan hambatan dari faktor eksternal. Hambatan dari faktor internal berupa kurangnya ruang rawat untuk pasien BPJS kelas III sehingga pada umumnya pasien naik kelas. Hambatan dari faktor eksternal yaitu kurangnya pemahaman pengguna BPJS tentang persyaratan dan fasilitas yang diperoleh pengguna BPJS. Pasien mengira seluruh perawatan dan pengobatan naik kelas kamar rawat inap di tanggung penuh oleh BPJS. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, BPJS, dan RSUD.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Nov 2021 04:35
Last Modified: 03 Feb 2022 01:11
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4126

Actions (login required)

View Item View Item