ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19 Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021

LISA LUSIYANI, . (2021) ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19 Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI LISA LUSIYANII - Lisa Lusiyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Lusiyani, Lisa. 2021. Analisis Minat Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Google Classroom Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Ahmadi, M.Si Pembimbing II Drs. Ponoharjo, M.Pd Kata Kunci ꞉ Analisis, Minat Belajar, Google Classroom Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar peserta didik melalui pembelajaran google classroom pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas VII B SMP Negeri 14 Tegal tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil pengisian angket minat belajar peserta didik melalui pembelajaran google classroom diambil 6 sampel masing-masing 2 peserta didik dari minat belajar tinggi, 2 peserta didik dari minat belajar sedang dan 2 peserta didik dari minat belajar rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peserta didik kelas VII B SMP Negeri 14 Tegal masuk dalam kategori minat belajar sedang. Sedangkan berdasarkan 6 peserta didik yang dijadikan sampel, terdapat 4 peserta didik merasa senang, tertarik dan perhatian dalam mengikuti pembelajaran melalui google classroom, sedangkan 2 diantaranya tidak merasa senang, tidak tertarik dan juga tidak perhatian dalam mengikuti pembelajaran melalui google classroom. Sedangkan untuk keterlibatan peserta didik, 6 peserta didik terlibat dalam pembelajaran melalui google classroom, diantaranya mengikuti pembelajaran, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, melampirkan cara ketika mengumpulkan tugas dan mengikuti remidial ketika memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk masing-masing peserta didik mengalami kendala dalam mengikuti pembelajaran melalui google classroom, dalam hal ini kendala yang paling sering dialami oleh peserta didik adalah tidak adanya kuota dan juga jaringan internet yang kurang mendukung.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:24
Last Modified: 03 Feb 2022 01:06
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4138

Actions (login required)

View Item View Item