ANALISIS KESULITAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XII Semester 2 SMA N 3 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Peluang)

SHANIA LARAS MINERVA, . (2021) ANALISIS KESULITAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XII Semester 2 SMA N 3 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Peluang). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI SHANIA LARAS MINERVA_PMTK (NPM. 1717500055) - Shania Laras.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

MINERVA, SHANIA LARAS. 2021. Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XII Semester 2 SMA N 3 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Peluang). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikkan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I M. Shaefur Rokhman, M.Si Pembimbing II Ahmadi, M.Si Kata Kunci : Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Belajar, Peluang Pendidikan sangatlah penting karena melalui pendidikan dapat menunmbuhkan cara berfikir kreatif, logis, dan sistematis. Tidak jarang dalam pembelajaran terdapat suatu permasalahan salah satunya yang sering dialami yaitu dalam memecahkan masalah matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi dalam pemecahan masalah matematika yaitu gaya belajar yang digunakan peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan pemecahan masalah matematika siswa SMA N 3 Tegal pada materi peluang ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 12 MIPA 3 SMA N 3 Tegal. Instrumen penelitan yang diguanakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, wawancara dan dokumentasi. Gaya belajar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penentuan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 8 subjek yang terdiri dari 2 subjek dengan gaya belajar visual, 3 subjek auditori, dan 3 subjek dengan gaya belajar kinestetik. Selanjutnya 8 subjek tersebut melakukan wawancara untuk mengetahui kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan pada tahapan pemecahan masalah menurut Polya ditinjau dari gaya belajar yaitu pada gaya belajar visual (memahami masalah 25%, menentukan rencana 33,33%, melaksanakan rencana 8,33% dan tahap memahami 41,67%); gaya belajar auditorial (memahami masalah 11,11%, menentukan rencana 27,78%, melaksanakan rencana 0% dan tahap memahami 27,78%); dan gaya belajar kinestetik (memahami masalah 16,67%, menentukan rencana 27,78%, melaksanakan rencana 22,22% dan tahap memahami 33,33%).

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:32
Last Modified: 03 Feb 2022 01:03
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4158

Actions (login required)

View Item View Item