ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DILIHAT DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Adiwerna Tahun Ajaran 2020/2021)

LAILY KHOIRUNNISA, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DILIHAT DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Adiwerna Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Laily Khoirunnisa(Skripsi) - Right - Copy (2) - Laily Khoirunnisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

KHOIRUNNISA, LAILY, 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dilihat dari Gaya Belajar Peserta Didik(Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Adiwerna Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si Kata kunci : Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,Gaya Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1)Mengklasifikasi gaya belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Adiwerna, dan (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika tiap-tipe gaya belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Adiwerna. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 2 Adiwerna Tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari hasil angket gaya belajar dan dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika dengan diperoleh subjek penelitian sebanyak 7 subjek yaitu 3 subjek gaya belajar visual dengan kemampuan pemecahan masalah rendah, sedang, tinggi, 2 subjek gaya belajar auditorial dengan kemampuan pemecahan masalah rendah dan sedang, serta 2 subjek gaya belajar kinestetik dengan kemampuan pemecahan masalah sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan penelitian, dari 30 peserta didik kelas VIII I diperoleh hanya 15 peserta didik yang mengisi angket gaya belajar dan mengisi tes. Terdapat 5 peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, 6 peserta didik memiliki gaya belajar auditorial, dan 4 peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik. Hal ini menandakan sebagian dari siswa kelas VIII I mendominasi gaya belajar auditorial. (2) Peserta didik visual dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dan sedang, auditorial dengan kemampuan pemecahan masalah sedang, dan kinestetik dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dan sedang mampu melaksanakan empat tahap pemecahan masalah menurut Polya. Sedangkan untuk peserta didik visual dengan kemampuan pemecahan masalah rendah, auditorial dengan kemampuan pemecahan masalah rendah dan kinestetik dengan kemampuan pemecahan masalah rendah hanya mampu melaksanakan satu tahap pemecahan masalah Polya

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:20
Last Modified: 03 Feb 2022 00:45
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4176

Actions (login required)

View Item View Item