NILAI PENDIDIKAN RELIGIUS KEISLAMAN DALAM NOVEL HAFIZHAH KARYA KHOIRUNNISA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

PINGKAN CAHYANI, . (2021) NILAI PENDIDIKAN RELIGIUS KEISLAMAN DALAM NOVEL HAFIZHAH KARYA KHOIRUNNISA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_PINGKAN_CAHYANI_scan_fix - pingkan cahyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Cahyani, Pingkan. 2021. “Nilai Pendidikan Religius dalam Novel Hafizhah Karya Khoirunnisa dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”, Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata kunci: Nilai pendidikan religius keislaman, novel, dan implikasi Penelitian ini bertujuan menggambarkan nilai pendidikan religius kesilaman dalam novel Hafizhah karya khoirunnisa dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah novel yang berjudul Hafizhah. Novel ini ditulis oleh Khoirunnisa. Wujud data dari penelitian ini yaitu berupa kutipan atau penggalan dari novel Hafizhah karya Khoirunnisa yang mengandung nilai pendidikan religius di dalamnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat dan teknik baca. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penelitian tersebut terdapat nilai pendidikan religius berupa 60 bentuk hubungan manusia dengan Tuhan yaitu: 17 salat, 20 bersyukur, 8 menurut perintah, 9 berserah diri, dan 6 memohon, 35 hubungan manusia dengan manusia yaitu: 5 menolong, 22 menyayangi, dan 5 memaafkan, 1 gotong royong, 2 kepatuhan adab dan kebiasaan, 1 musyawarah, serta 3 hubungan manusia dengan alam yaitu mencintai alam. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada KD 3,9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Saran yang disampaikan oleh penulis bagi peserta didik yaitu diharapkan peserta didik mempelajari mengenai nilai-nilai pendidikan religius di dalam sebuah novel dan juga menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Saran bagi pendidik yaitu sebaiknya pendidik mengajarkan nilai-nilai pendidikan religius dalam sebuah novel kepada peserta didik. Dan saran bagi pembaca karya sastra yaitu sebaiknya pembaca karya sastra memilih novel yang memiliki nilai-nilai yang baik di dalamnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:24
Last Modified: 03 Feb 2022 00:44
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4177

Actions (login required)

View Item View Item