KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap MTs N 2 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021)

ALIMUN KHANIF, . (2021) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap MTs N 2 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Alimun Khanif - Alimun Khanif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

KHANIF, ALIMUN. 2021. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Aplikasi WhatsApp Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap MTs N 2 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd Pembimbing II Drs. Paridjo, M.Pd Kata Kunci : Keefektifan, Pembelajaran, Aplikasi WhatsApp, Prestasi Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbantuan aplikasi WhatsApp dapat melampaui KKM lebih dari 50%. (2) Keefektifan pembelajaran berbantuan aplikasi WhatsApp terhadap prestasi belajar peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII FDS MTs N 2 Tegal tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 148 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas sebagai Kelas Eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji proporsi satu pihak kanan, uji Paired Sample T Test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs N 2 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 yang diajar menggunakan pembelajaran berbantuan aplikasi WhatsApp, nilainya dapat melampaui KKM 75 lebih dari 50%. Karena data yang digunakan dari soal tes yang sama yaitu menggunakan pretest dan posttest. Pretest (peserta didik belum diajar menggunakan pembelajaran berbantuan aplikasi WhatsApp), sedangkan posttest (peserta didik sudah diajar menggunakan pembelajaran berbantuan aplikasi WhatsApp). Karena hal tersebut maka nilainya dapat melampaui KKM 75 lebih dari 50%. (2) Pembelajaran berbantuan aplikasi WhatsApp cukup efektif terhadap prestasi belajar peserta didik. Ada beberapa hal yang membuat model pembelajaran ini cukup efektif, yaitu pengajar dan peserta didik dapat mengajukan pertanyaan atau berdiskusi lebih santai tanpa memusatkan perhatian pada pengajar seperti belajar di kelas, yang sering membuat takut salah, dan malu pada peserta didik. Selain itu, peserta didik dapat dengan mudah mengirimkan kembali hasil dari pekerjaan mereka.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Nov 2021 06:06
Last Modified: 03 Feb 2022 00:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item