EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Ajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Lingkaran)

TOMY PRATAMA MAHARDIKA, . (2021) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Ajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Lingkaran). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI TOMY FIX BAB 12345 - Tomy Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pratama, Tomy. 2021. Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Pokok Bahasan Lingkaran Tahun Ajaran 2020/2021 ). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Wikan Budi Utami, M.Pd. Pembimbing II Drs. Paridjo, M.Pd. Kata Kunci : Media pembelajaran Camtasia Studio, prestasi belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika Siswa dengan media pembelajaran berbasis multimedia yang melampaui KKM lebih dari 55% dan untuk mengetahui bahwa prestasi belajar matematika Siswa dengan media pembelajaran berbasis multimedia lebih baik daripada pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri Muhammadiyah 1 Kota Tegal pokok bahasan lingkaran tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 53 Siswa yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar dan telah diuji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi dan uji-t satu pihak kanan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika Siswa dengan media pembelajaran berbasis multimedia yang melampaui KKM lebih dari 55% hal ini dibuktikan dengan dan prestasi belajar matematika Siswa dengan media pembelajaran berbasis multimedia lebih baik daripada pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia hal ini dibuktikan dengan . Adapun saran yang diajukan untuk guru, yaitu pada masa pandemic covid-19 hendaknya guru matematika dapat mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan secara daring salah satunya dengan menggunakan multimedia.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:56
Last Modified: 03 Feb 2022 00:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4204

Actions (login required)

View Item View Item