KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI IPS Semester Genap Materi Pokok Baris dan Deret SMA Negeri 2 PemalangTahun Pelajaran 2020/2021

SUDI RAHARJO, . (2021) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI IPS Semester Genap Materi Pokok Baris dan Deret SMA Negeri 2 PemalangTahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI SUDI_RAHARJO - Matematika asik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Raharjo, Sudi. 2021. “Keefektifan Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika di SMA Negeri 2 Pemalang (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Semester genap SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Baris Dan Deret)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd Pembimbing II Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd KataKunci: Keefektifan, Media Video Pembelajaran, Minat Dan Prestasi Belajar Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan: (1)apakah prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan media video pembelajaran yang melampaui KKM lebih dari 55% dengan nilai KKM 70.(2) apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan media video dibandingkan dengan menggunakan media ebook dengan format PDF.(3) Apakah ada perbedaan tingkat minat belajar peserta didik yang diajar menggunakan media video dibandingkan dengan menggunakan media ebook dengan format PDF. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester genap SMA Negeri 2 Pemalang tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.Sampel yang diambil sebanyak satu kelas sebagai kelas Eksperimen 1, satu kelas sebagai kelas Eksperimen 2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t dua pihak dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan diajar menggunakan media video pembelajaran memperoleh lebih dari55% peserta didik yang nilainya melampaui KKM (70). (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan media video pembelajaran dengan peserta didik yang diajar menggunakan media ebook dengan format PDF.(3) terdapat perbedaan minat belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan media video pembelajaran dengan peserta didik yang diajar menggunakan media ebook dengan format PDF.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:37
Last Modified: 03 Feb 2022 00:34
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4208

Actions (login required)

View Item View Item