PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA PADA MASA COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2020/2021)

USWATUN KHASANAH, . (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA PADA MASA COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SRIPSI Uswatun Khasanah PMTK (1716500060) - Uswatun Khasanah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Khasanah, Uswatun. 2021. “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Pada Masa Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2020/2021)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Rizqi Amaliyakh S.,M.Pd Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si. Kata Kunci : Pengaruh, Kemandirian Belajar, Perhatian Orang Tua, Covid-19, Prestasi Belajar Matematika. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menetahui: (1) pengaruh kemandirian belajar pada masa Covid-19 terhadap prestasi belajar matematika peserta didik (2) pengaruh perhatian orang tua pada masa Covid-19 terhadap prestasi belajar matematika peserta didik; (3) pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua pada masa Covid-19 terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Adiwerna tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling acak . Sampel yang diambil sebanyak 72 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar pada masa Covid-19 terhadap prestasi belajar matematika. (sesuai analisis uji parsial (uji t) didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 3,605 > 1,994). (2) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua pada masa Covid-19 terhadap prestasi belajar matematika. (Hal ini berdasarkan uji parsial (uji t) didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 2,704 > 1,994). (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan perhatian orang tua pada masa Covid-19 terhadap prestasi belajar matematika. (Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi ganda dan uji F diketahui bahwa nilai Fhitung >Ftabel yaitu 13,276 > 3,13).

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Nov 2021 01:32
Last Modified: 02 Feb 2022 07:31
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4243

Actions (login required)

View Item View Item