Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran dengan Berbantuan Geogebra (studi penelitian deskriptif kualitatif pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Larangan Kab. Brebes tahun pelajaran 2020/2021)

LESYA MONICA, . (2021) Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran dengan Berbantuan Geogebra (studi penelitian deskriptif kualitatif pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Larangan Kab. Brebes tahun pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi Lesya Monica Prodi PMTK - lesya monicaa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

MONICA, LESYA, 2021. Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran dengan Berbantuan Geogebra (studi penelitian deskriptif kualitatif pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Larangan Kab. Brebes tahun pelajaran 2020/2021). Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Ibnu Sina, ST., S.Pd., M.Kom Pembimbing II : Isnani.,M.Si.,M.Pd. Kata Kunci : Tingkat berpikir kreatif, Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran,Geogebra Tujuan peneitian ini adalah untuk untuk menggambarkan atau mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran dengan bantuan geogebra. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 03 Larangan Kab. Brebes Tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan subjek menggunakan purpose sampling dari nilai tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi, 2 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang, dan 2 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Untuk Menentukan tingkat berpikir kreatif siswa berdasarkan 3 indikator berpikir kreatif yaitu (1) Kefasihan, (2) Fleksibilitas, dan (3) Kebaruan. Pengkategorian ada 5 tingkatan yaitu (1) Tidak kreatif (tingkat 0), (2) Kurang kreatif (tingkat 1), (3) Cukup kreatif (tingkat 2), (4) Kreatif (tingkat 3) dan (5) Sangat Kreatif (tingkat 5). Berdasarkan analisis hasil tes didapatkan 6 subjek penelitian yang termasuk kedalam kemampuan matematika (1) Tinggi, (2) sedang, dan (3) rendah. 2 subjek kemampuan tinggi, 1 subjek (16,6%) yang termasuk kedalam kategori tingkat 4 (sangat kreatif) karena memenuhi 3 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan dan 1 subjek(16,6%) termasuk kedalam kategori tingkat 3 (kreatif) karena memenuhi 2 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan dan fleksibilitas, 2 Subjek kemampuan sedang (33,3%) termasuk kedalam tingkat 1 (kurang kreatif) karena hanya memenuhi 1 indikator yaitu kefasihan, dan 2 subjek yang berkemampuan rendah (33,3%) termasuk kedalam tingkat 1 (tidak kreatif) karena tidak memenuhi indikator ketiga indikator berpikir kreatif.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:43
Last Modified: 02 Feb 2022 07:42
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4249

Actions (login required)

View Item View Item