MODEL KURIKULUM SEKOLAH BERBASIS BUDAYA TIONGHOA DI INDONESIA (Studi Kasus di Sekolah THHK Tegal dan Sekolah Puhua Purwokerto)

RAHMAT MUJIONO, . (2021) MODEL KURIKULUM SEKOLAH BERBASIS BUDAYA TIONGHOA DI INDONESIA (Studi Kasus di Sekolah THHK Tegal dan Sekolah Puhua Purwokerto). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Tesis Rahmat Mujiono - rahmat mujiono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rahmat Mujiono. 2021. “Model Kurikulum Sekolah Berbasis Budaya Tionghoa Di Indonesia (Studi Kasus di Sekolah THHK Tegal dan Sekolah Puhua Purwokerto)”. Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci: Kurikulum Sekolah, Budaya Tionghoa, Sekolah THHK dan Puhua. Sejak masa penjajahan hingga timbulnya kesadaran Pergerakan Nasional telah banyak golongan menghadirkan pendidikan di wilayah nusantara dengan ciri khasnya. Salah satu kalangan turut menggoreskan tinta sejarah dunia pendidikan nusantara adalah Peranakan Tionghoa. tetapi, fakta ini belum banyak diketahui. Belum banyak literatur yang mengangkat fakta sejarah ini. Lembaga pendidikan pertama berdirinya Perkumpulan (THHK) di awal 1900 yang memprakarsai berdirinya Sekolah THHK atau Pahua di tahun 1901 menyimpan sejarah penting tersendiri. Sekolah THHK atau Pahua merupakan lembaga pendidikan pertama di Nusantara yang menekankan pentingnya pendidikan budi pekerti, juga pionir yang menghadirkan lembaga pendidikan bernuansa modern di wilayah Nusantara. Fokus penelitian ini adalah pada sejarah sekolah THHK Tegal dan Puhua Purwokerto, nilai dan filosofi sekolah THHK Tegal dan Puhua Purwokerto, kurikulum sekolah THHK Tegal dan Puhua Purwokerto, serta kontribusi sekolah THHK atau Puhua untuk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk; pertama, untuk menjelaskan sejarah sekolah THHK Tegal dan Puhua Purwokerto; kedua, nilai dan filosofis sekolah THHK Tegal dan Puhua Purwokerto; ketiga, untuk mengetahui kurikulum sekolah THHK Tegal dan Puhua Purwokerto; dan keempat, untuk mengetahui kontribusi sekolah THHK atau Puhua untuk Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori inti tentang studi fenomenologis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik snowball sampling dengan cara wawancara dari satu informan kemudian informan lainnya yang dianggap sebagai sumber, observasi di sekolah THHK Tegal dan Puhua Purwokerto, serta studi dokumentasi. Teknik analisis data dimulai mengidentifikasi, mengklasifikasi, memilih, menyajikan, membahas, dan pada bagian akhir menyimpulkan. Melalui hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti, bahwa sekolah THHK atau Puhua memiliki sejarah yang panjang dimulai dari tahun 1900, sekolah THHK Tegal mempunyai nilai dan filosofis yaitu adanya lima pilar paradigma pendidikan dan sekolah Puhua Purwokerto merupakan sekolah yang multikultural, sekolah THHK Tegal menggunakan kurikulum 13 dan adanya mata pelajaran bahasa mandarin, bahasa inggris yang bekerjasam dengan ECT EEP dan adanya pelajaran budi pekerti sedangkan kurikulum sekolah Puhua Purwokerto menggunakan kurikulum 13 dan adanya pendidikan multikultural yang didalam nya adanya kegiatan summer dan winter camp di negara Tiongkok, sekolah THHK atau Puhua mempunyai kontribusi untuk Indonesia yaitu menjadi perintis sekolah di Indonesia dan mendorong semnagat nasionalisme.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:13
Last Modified: 02 Feb 2022 07:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4253

Actions (login required)

View Item View Item