PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 MATERI BARISAN Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Al Irsyad Tegal Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

ROSMA NURLITA, . (2021) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 MATERI BARISAN Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Al Irsyad Tegal Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
ROSMA NURLITA (4) - Rosma Nurlita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

NURLITA, ROSMA. 2021. Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi ¬Covid-19 Materi Barisan (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Al Irsyad Tegal Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Wikan Budi Utami, M.Pd. Pembimbing II Drs. Suwandono, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Proses Pembelajaran, Matematika, Covid-19 Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19 pada peserta didik kelas XI IPS I SMA Al Irsyad Tegal semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orangtua, 6 peserta didik dan seorang guru Matematika kelas XI IPS I SMA Al – Irsyad Tegal Semester Genap. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap-tahap yang meiliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Matematika di Kelas XI IPS I SMA Al Irsyad Tegal terlaksana pada nilai-nilai sebagai berikut: 1) Religius, 2) Disiplin, 3) Tanggungjawab, 4) Teliti, 5) Kreatif, 6) Jujur, 7) Menghargai, 8) Rasa Ingin Tahu, dan 9) Percaya Diri. Pendidikan karakter dalam pembelajaran Matematika di Kelas XI IPS I SMA Al Irsyad Tegal diterapkan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada konten kurikulum yang telah dirumuskan ke dalam pembelajaran. Pendidikan karakter di XI IPS I SMA Al Irsyad Tegal dapat dikatakan efektif dikarenakan selain siswa melakukan proses pembelajaran, siswa juga bersikap memenuhi nilai nilai Pendidikan karakter. Apabila peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai karakter tersebut, maka matematika akan menjadi suatu pelajaran yang bermakna bagi kehidupannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:30
Last Modified: 02 Feb 2022 07:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4254

Actions (login required)

View Item View Item