IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) BERBASIS E-LEARNING DI KELAS IPS SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19

Chusnul Fauziah, . (2021) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) BERBASIS E-LEARNING DI KELAS IPS SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS CHUSNUL FAUZIAH 7319600003 - Chusnul fauziah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Semenjak diberlakukannya kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) oleh pemerintah akibat merebaknya virus corona, munculah permasalahan pendidikan yaitu bagaimana cara sekolah memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran, sementara tidak terjadi tatap muka di sekolah karena siswa melakukan kegiatan belajar di rumah. Kegiatan pembelajaran di rumah membutuhkan media untuk berkomunikasi antara guru dengan siswa. Selain itu, guru juga perlu mempersiapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa selama belajar di rumah sehingga dapat mengatasi kejenuhan yang dialami siswa. Peneliti menggunakan Project Based Learning sebagai model pembelajaran saat pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Project Based Learning, area penerapan model Project Based Learning, dan respon siswa terhadap penerapan model Project Based Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemik Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasilnya adalah penerapan model Project Based Learning efektif pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemik Covid-19. Area penerapan model Project Based Learning pada mata pelajaran IPS kelas VIII dengan materi Pengembangan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) karena untuk mengembangkan ekonomi maritim memerlukan ide dan pemikiran yang kreatif dan inovatif, sehingga memacu siswa untuk memecahkan kasus. Pemecahan kasus atau problem solving merupakan tuntutan siswa di abad ke-21, dimana siswa membutuhkan komunikasi verbal dan tulis, teamwork, kreativitas, ketrampilan meneliti, dan problem solving. Siswa merespon dengan positif model pembelajaran berbasis proyek ini karena mampu mengatasi kejenuhan belajar dan juga memotivasi siswa untuk semangat belajar dengan mengikuti petunjuk kurikulum 2013 sehingga siswa menjadi aktif, kreatif, dan inovatif. Oleh karena itu model pembelajaran Project Based Learning efektif dan dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama Pandemik Covid-19 maupun situasi lain yang darurat apabila pembelajaran tatap muka tidak dapat dilaksanakan karena suatu hal yang mendesak. Saran bagi penelitian berikutnya adalah guru harus memperhatikan situasi dan kondisi siswa supaya pelaksanaan model pembelajaran ini dapat berjalan dengan baik. Guru harus memastikan bahwa setiap siswa melakukan pembelajaran online di rumah supaya mendapat koneksi internet yang stabil dan bagus, selain itu dapat mengurangi atau memutus rantai penularan virus Covid-19. Guru harus memperhatikan porsi pembagian kelompok secara adil dan merata supaya kegiatan pembelajaran kelompok dapat berjalan sesuai dengan harapan. Untuk pengembangan hasil penelitian ini peneliti selanjutnya dapat mengkaji penelitian bukan di masa pandemik, tujuannya untuk memperkuat penelitian ini dapat diterapkan jika pandemik sudah berlalu. Kata Kunci: Project Based Learning, E-Learning, Pembelajaran Jarak Jauh

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:40
Last Modified: 02 Feb 2022 07:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4255

Actions (login required)

View Item View Item