ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI TRIGONOMETRI BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X SMK Insan Mulia Kramat Kabupaten Tegal Tahun 2020/2021)

DIAN AYU KARUNIA, . (2021) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI TRIGONOMETRI BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X SMK Insan Mulia Kramat Kabupaten Tegal Tahun 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI KONVERSI DIAN AYU - Dian Ayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Karunia, Dian Ayu. 2021. Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Materi Trigonometri Berdasarkan Prosedur Newman (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X SMK Insan Mulia Kramat Kabupaten Tegal Tahun 2020/2021). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Isnani, M.Si., M.Pd., Pembimbing II Drs. Suwandono, M.Pd. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Trigonometri. Peserta didik kelas X masih sering membuat kesalahan dalam menyelesaikan soal materi Trigonometri. Salah satu faktor yang dianggap menjadi penyebab dari rendahnya prestasi belajar peserta didik adalah kesalahan dalam menyelesaikan soal. Dengan dilakukannya analisis kesalahan, diharapkan peserta didik dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab peserta didik mengalami kesalahan berdasarkan prosedur Newman menurut Jha dan Singh. Penelitian ini dilakukan di SMK Insan Mulia Kramat Kabupaten Tegal Tahun 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 16 peserta didik. Pengambilan subjek wawancara menggunakan teknik Purposive Sampling. Subjek wawancara diambil 6 dari 16 peserta didik kelas X Asisten Keperawatan dengan masing-masing 2 subjek kemampuan tinggi, 2 subjek kemampuan sedang dan 2 subjek kemampuan rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek mengalami kesalahan membaca sebanyak 1 kesalaan dengan presentase 3,33% penyebabnya tidak mengetahui simbol yang terdat pada soal, kesalahan memahami masalah sebanyak 12 kesalahan dengan presentase 40% penyebabnya tidak mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan, kesalahan transformasi sebanyak 3 kesalahan dengan presentase 10% penyebabnya tidak mampu mengubah bahasa soal ke dalam model matematika, kesalahan keterampilan proses sebanyak 13 kesalahan dengan presentase 43,33% penyebabnya ketidaktelitian dalam berhitung, kesalahan penulisan jawaban sebanyak 13 kesalahan denganpresentase 43,33% penyebabnya kesalahan pada proses sebelumnya. Untuk meminalisisr terjadinya kesalahan, direkomendasikan peserta didik sebaiknya diberikan soal-soal latihan yang mengaitkan permasalahan dikehidupan sehari-hari, agar peserta didik mampu memahami bagaimana mengubah soal cerita kedalam rangkaian operasi matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 01 Dec 2021 07:13
Last Modified: 02 Feb 2022 07:24
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4259

Actions (login required)

View Item View Item