PENGARUH PEMBERIAN KUIS PADA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK Studi Penelitian di SMP Negeri 2 Kramat Kelas VIII Semester 2 Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

NUR FAUZIYAH, . (2021) PENGARUH PEMBERIAN KUIS PADA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK Studi Penelitian di SMP Negeri 2 Kramat Kelas VIII Semester 2 Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI NURFAUZIYAH 1717500057-dikompresi - Nur Fauziyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

FAUZIYAH, NUR. 2021. “Pengaruh Pemberian Kuis Pada Pembelajaran dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra Eleonora Dwi W., M.Pd Pembimbing II Ibnu Sina, ST., M.Pd., M.Kom Kata Kunci: Pengaruh, Pemberian Kuis, Media Pembelajaran, Audio Visual, Prestasi Belajar Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual terhadap prestasi belajar matematika peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat tahun ajaran 2020/2021. 2) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan pemberian kuis pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat melampaui nilai KKM diatas 60%. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat yang berjumlah 286 peserta didik. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling, yaitu 32 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1, 32 peserta didik kelas VIII D sebagai kelas ekspeimen 2. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes prestasi belajar. Analisis data yang digunakan yaitu Uji – t dan uji proporsi satu pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini diperoleh (1) terdapat pengaruh pemberian kuis pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual terhadap prestasi belajar matematika peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat tahun ajaran 2020/2021dengan thitung = 1,90 > ttabel (5%) = 1,67. (2) Prestasi peserta didik yang diajar dengan pemberian kuis pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat melampaui nilai KKM diatas 60% yaitu 69%.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:11
Last Modified: 02 Feb 2022 07:34
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4268

Actions (login required)

View Item View Item