KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta didik Kelas VII Semester Genap Materi Pokok Bangun Datar Segiempat di SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019)

Siregar, Aulia Rafika (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta didik Kelas VII Semester Genap Materi Pokok Bangun Datar Segiempat di SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI AULIA RAFIKA SIREGAR PMTK.pdf

Download (6MB)

Abstract

SIREGAR, AULIA RAFIKA. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta didik Kelas VII Semester Genap Materi Pokok Bangun Datar Segiempat di SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd, Pembimbing II Drs. Suwandono, M.Pd, Kata kunci : Kontekstual, Prestasi Belajar Matematika, Komunikasi Matematis Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : (1) prestasi belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran kontekstual mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal 67 (2) perbedaan antara model pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Populasi penelitian ini seluruh kelas VII SMP Negeri 11 Kota Tegal yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling diperoleh kelas VII C sebagai kelas ujicoba, kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, analisis data penelitian ini menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji anava dua arah dilanjutkan uji benferroni, dan koefisien variansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran kontekstual mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal 67, ada perbedaan antara model pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:08
Last Modified: 22 Jan 2020 02:08
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item