Efektivitas Penggunaan Model Learning Cycle 5E Pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Prestasi Belajar Matematika “Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal Tahun Ajaran 2020/2021 Dengan Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar”

ANISATUN FAUZIYAH, . (2021) Efektivitas Penggunaan Model Learning Cycle 5E Pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Prestasi Belajar Matematika “Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal Tahun Ajaran 2020/2021 Dengan Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar”. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI FULL FIX PERPUS ANIS - Anisatun Fauziyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAUZIYAH, ANISATUN. 2021.”Efektivitas Penggunaan Model Learning Cycle 5E Pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Prestasi Belajar Matematika (Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal Tahun Ajaran 2020/2021 dengan Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd. Pembimbing II Drs. Paridjo, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Model Learning Cycle 5E, Prestasi Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Apakah prestasi belajar menggunakan model Learning Cycle 5E mencapai KKM 71 lebih dari 55% jumah peserta didik. (2) Apakah model pembelajaran learning cycle 5E efektif meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive diperoleh sampel penelitian kelas VIIIA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji proporsi satu pihak kanan dan uji Paried Sampel T Test dengan uji N – Gain dan taraf signifikansi yang digunakan 5%. Sebelumnya data diuji dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E melampaui KKM lebih dari 55%. (2) Pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 5E cukup efektif meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Dec 2021 02:18
Last Modified: 02 Feb 2022 07:32
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item