KALIMAT PERSUASIF DALAM AKUN TWITTER ABDULLAH GYMNASTIAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP SKRIPSI Diajukan sebagai Salah Satu Syarat dalam Rangka Penyelesaian Studi Strata Satu untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

NURFI INAYAH, . (2021) KALIMAT PERSUASIF DALAM AKUN TWITTER ABDULLAH GYMNASTIAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP SKRIPSI Diajukan sebagai Salah Satu Syarat dalam Rangka Penyelesaian Studi Strata Satu untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
KALIMAT PERSUASIF DALAM AKUN TWITTER ABDULLAH GYMNASTIAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP_Nurfi - Nurfi Inayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Inayah, Nurfi. 2021. “Kalimat Persuasif dalam Akun Twitter Abdullah Gymnastiar dan Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal Pembimbing I Dra. Sri Mulyati, M,Pd. Pembimbing II Syamsul Anwar, M,Pd. Kata Kunci : Kalimat, Persuasif, akun Twitter Abdullah Gymnastiar, implikasi Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan kalimat persuasif yang terdapat dalam akun Twitter Abdullah Gymnastiar dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Sumber data penelitian ini berupa kalimat dalam akun Twitter Abdullah Gymnastiar. Wujud data dalam penelitian ini adalah kalimat persuasif pada akun Twitter Adbdullah Gymnastiar. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca-catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan. Teknik penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penelitian tersebut terdapat kalimat persuasif yang berupa : presentase 7,69% kalimat persuasif politik, selanjutnya satu kalimat persuasif dengan presentase 7,69% kalimat pendidikan, lalu data yang diperoleh 36,46% kalimat advertensi, selanjutnya tiga belas kalimat persuasif dengan presentase 46,16% kalimat propaganda. Penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Pada kompetensi Dasar 3.13 Mengidentifikasi jenis, saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (Lingkungan hidup, kondisi sosial, atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Dec 2021 06:45
Last Modified: 02 Feb 2022 07:25
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4299

Actions (login required)

View Item View Item