ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 BREBES (Studi Penelitian Kualitatif pada Peserta Didik Kelas X IPA 4 Semester Genap SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021 Pada Materi Pokok Trigonometri)

Moch Rafly Aprilianto, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 BREBES (Studi Penelitian Kualitatif pada Peserta Didik Kelas X IPA 4 Semester Genap SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021 Pada Materi Pokok Trigonometri). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI MOCH RAFLY APRILIANTO - Moch Rafly Aprilianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

APRILIANTO, MOCH RAFLY. 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik SMA Negeri 3 Brebes (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X IPA 4 Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Trigonometri). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Ahmadi, M.Si Pembimbing II Rizqi Amaliyakh S., M.Pd Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis secara lisan maupun tulisan peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Brebes ditinjau dari gaya belajarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 peserta didik kelas X IPA 4 Semester 2 SMA Negeri 3 Brebes, yang dipilih dari masing-masing kategori gaya belajar peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil angket gaya belajar dan hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Teknik pengumpulan data diantaranya adalah angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) peserta didik gaya belajar visual dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan, (2) peserta didik gaya belajar visual dengan kemampuan komunikasi matematis sedang memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan, (3) peserta didik gaya belajar visual dengan kemampuan komunikasi matematis rendah tidak memenuhi satupun indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan, (4) peserta didik gaya belajar auditorial dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan, (5) peserta didik gaya belajar auditorial dengan kemampuan komunikasi matematis sedang memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan, (6) peserta didik gaya belajar auditorial dengan kemampuan komunikasi matematis rendah tidak memenuhi satupun indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan, (7) peserta didik gaya belajar kinestetik dengan kemampuan komunikasi matematis rendah tidak memenuhi satupun indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:01
Last Modified: 02 Feb 2022 07:20
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4315

Actions (login required)

View Item View Item