KEPUASAN PESERTA DIDIK TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PKn DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMK AMANAH HUSADA PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NADROH HANI, . (2021) KEPUASAN PESERTA DIDIK TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PKn DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMK AMANAH HUSADA PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Hani - Nadnad Hany.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

HANI, NADROH.2021. Kepuasan Peserta Didik Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pkn dan Dalam Pembelajaran Daring di SMK Amanah Husada Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021.Skripsi.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Wahyu Jati Kusuma, SH, MH., Pembimbing II :Fitrianto, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Kepuasan Peserta Didik Penelitian bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PKn kelas X dan XI, mengetahui tingkat kep[uasan peserta didik kelas X dan XI, mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kepuasan peserta didik di SMK Amanah Husada Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dituntut menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan sampai penyajian hasil penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X sebanyak 153 anak, peserta didik kelas XI sebanyak 163 anak dan guru PKn kelas X dan Xi sebanyak 2 guru. Dengan sampel kelas X sebanyak 60 anak, sampel kelas XI sebanyak 63 anak, dan 2 sampel guru di SMK Amanah Husada Pemalang, yang dial dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Hasil Penelitian : 1) Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat dari seluruh aspek kompetensi pedagogik yang menjadi faktor penghambat tercapainya kompetensi guru yang baik, yaitu aspek guru menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip berada pada kategori kurang baik sedangkan enam aspek lainnya berada pada kategori cukup baik, maka dapat disimpulkan jika kompetensi pedagogik guru PKn di SMK Amanah Husada Pemalang termasuk dalam kategori Cukup baik, 2) Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat dari seluruh indikator kepuasan peserta didik indikator keandalan, berwujud dan daya tanggap berada pada kategori cukup baik sedangkan dua indikator lainnya berada pada kategori baik, maka dapat disimpulkan jika tingkat kepuasan peserta didik kelas X dan XI di SMK Amanah Husada Pemalang termasuk dalam kategori baik. 3) Kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta didik di SMK Amanah Husada Pemalang. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan perhitungan analisis regresi menggunakan SPSS menunjukan bahwa nilai sig.<0,05 artinya hipotesis nolnya ditolak. Saran kepada sekolah sebagai lembaga pendidikan yaitu perlu adanya peningkatan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru PKn kelas X maupun kelas XI di SMK Amanah Husada Pemalang, seperti mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik, penguasaan teori, penguasaan prinsip-prinsip pembelajaran dan lain sebagainya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:23
Last Modified: 02 Feb 2022 07:03
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4318

Actions (login required)

View Item View Item