ANALISIS GRADELESS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Al Manshuriyah Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Bangun Sisi Datar)

IKHSAN NUR FAJAR, . (2021) ANALISIS GRADELESS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Al Manshuriyah Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Bangun Sisi Datar). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_IkhsanNurFajar - Ikhsan Nur Fajar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Nur, Ikhsan Fajar. 2021. “Analisis Gradeless terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Isnani, M.Si.,M.Pd Pembimbing II Ahmadi, M.Si Kata Kunci : Analisis, Gradeless, berpikir kreatif, matematis. Gradeless merupakan suatu penilaian terhadap lembar kerja peserta didik tanpa memberikan angka atau huruf melainkan dengan memberikan umpan balik pada setiap pekerjaan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh gradeless terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMP kelas 8. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik kelas VIII SMP Al Manshuriyah Tahun Ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria bermasalah (kurang aktif saat pembelajaran, sering terlat mengumpulkan tugas, dan jarang memperhatikan saat pembelajaran berlangsung). Teknik pengumpulam data dengan dokumentasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara umum gradeless memberikan pengaruh baik bagi subjek penelitian. Ketika diberikan umpan balik pada kegiatan gradeless subjek penelitian lebih dapat memahami dan mengetahui kesalahan atas jawaban subjek penelitian, sehingga subjek penelitian dapat mempelajarinya kembali. Hal ini dapat memberikan dampak positif untuk semua jenis peserta didik. Adapun saran yang diajukan untuk peserta didik diharapkan agar lebih memperhatikan dan peduli dengan apa yang sedang dipelajarinya dan masih ada yang lebih perlu atau penting dari sebuah nilai yaitu sebuah proses belajar itu sendiri

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:53
Last Modified: 02 Feb 2022 07:06
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4322

Actions (login required)

View Item View Item