PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI METODE CONCEPT MAPPING BERVISI SETS

KHASANAH, ISMIYATUN (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI METODE CONCEPT MAPPING BERVISI SETS. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_ISMIYATUN_1815500023.Pdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

KHASANAH, ISMIYATUN. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Metode Concept Mapping Bervisi SETS. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : M. Aji Fatkhurrohman, M.Pd. Pembimbing II : Mobinta Kusuma, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Concept Mapping, SETS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode concept mapping bervisi SETS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik serta untuk mengetahui bahwa metode concept mapping bervisi SETS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kersana dengan jumlah sebanyak 197 peserta didik kelas VII. Pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan dengan teknik cluster sampling. Sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas VII A dan VII B dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 33 peserta didik. kelas VII A sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang nyata antara hasil tes pada data pretest dan postest. Perbedaan yang nyata antara hasil pretest dan postest menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dan berpikir kritis pada peserta didik kelas VII melalui metode concept mapping bervisi SETS. Berdasarkan persentase dari soal hasil belajar dan soal berpikir kritis menyatakan adanya perbedaan pada nilai pretest dan postest. Pada soal hasil belajar yang terdiri dari dimensi kognitif C1 dan C2 memiliki nilai pretest dengan skor 78% dan pada nilai postest dengan skor 89%. Persentase nilai postest lebih tinggi dari nilai pretest sehingga dapat diketahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Pada soal berpikir kritis yang terdiri dari dimensi kognitif C3,C4 dan C5 memiliki nilai pretest dengan skor 37% dan pada nilai postest dengan skor 81%. Sehingga dapat diketahui adanya peningkatan berpikir kritis peserta didik dengan melihat persentase nilai postest lebih tinggi dari nilai pretest.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:27
Last Modified: 22 Jan 2020 02:27
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item