EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP MESSENGER DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 ADIWERNA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NIDA NAHDIYATUL MUALIMAH, . (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP MESSENGER DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 ADIWERNA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI NIDA NAHDIYATUL M 1716500040 - Nida Nahdiyatul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

MUALIMAH, NIDA NAHDIYATUL. 2021. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi WhatsApp Messenger Dengan Video Pembelajaran terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Adiwerna Tahun ajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar)”. Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Ponoharjo, M.Pd., Pembimbing II : Wikan Budi Utami, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Aplikasi WhatsApp Messenger dengan video pembelajaran, Motivasi dan Prestasi Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Penggunaan aplikasi WhatsApp Messenger dengan video Pembelajaran dapat mencapai KKM 72 melampaui 25%. 2) Prestasi belajar peserta didik melalui aplikasi WhatsApp Messenger dengan video pembelajaran lebih baik daripada prestasi belajar melalui aplikasi WhatsApp Messenger. 3) Motivasi belajar peserta didik melalui aplikasi WhatsApp Messenger dengan video pembelajaran lebih baik daripada motivasi belajar melalui aplikasi Whatsapp Messenger. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 319 peserta didik. Dari populasi diambil sampel dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VIII B eksperimen dan VIII A kontrol serta VIII C uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan angket. Instrumen tes hasil belajar yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan Instrumen angket motivasi yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji proporsi dan uji t satu pihak kanan. Hasil penelitian peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran aplikasi WhatsApp Messenger dengan video pembelajaran terhadap prestasi dan motivasi belajar peserta didik. 1) Pembelajaran melalui aplikasi WhatsApp dengan video pembelajaran dapat mencapai KKM 72 melampaui 25%. 2) Prestasi belajar peserta didik melalui aplikasi WhatsApp Messenger dengan video pembelajaran lebih baik daripada prestasi belajar melalui aplikasi WhatsApp Messenger. 3) Motivasi belajar peserta didik melalui aplikasi WhatsApp Messenger dengan video pembelajaran lebih baik daripada motivasi belajar melalui aplikasi Whatsapp Messenger.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:13
Last Modified: 02 Feb 2022 07:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4332

Actions (login required)

View Item View Item