BENTUK PERSUASIF PADA UNGGAHAN KONTEN AKUN YOUTUBE JESS NO LIMIT DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Muhammad Thoif, . (2021) BENTUK PERSUASIF PADA UNGGAHAN KONTEN AKUN YOUTUBE JESS NO LIMIT DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Muhammad Thoif - Muhammad Thoif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Thoif, Muhammad. 2021. NPM 1517500018. “Bentuk Persuasif pada Unggahan Konten Akun Youtube Jess No Limit dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP”. Skripsi. Tegal: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Pembimbing II Syamsul Anwar, M.Pd. Kata kunci : Pragmatik, Persuasif, Youtube. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk persuasif yang terdapat dalam unggahan konten Akun Youtube Jess No Limit, mendeskripsikan bentuk persuasif yang terdapat dalam video yang diunggah oleh Akun Youtube Jess No Limit, serta mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan teori Searle dalam Taufik (2008) dan didukung dengan teori pendamping lainnya. Data dalam penelitian ini berupa bentuk persuasif yang didapat dari penggalan ujaran yang diujarkan oleh Jess No Limit, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan teknik pengamatan dan dilanjutkan menggunakan teknik simak catat, setelah data didapatkan maka data akan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang didalam nya terdapat berbagai langkah langkah untuk menganalisis data penelitian ini. Hasil penelitian bentuk persuasif ini memuat data persentase 100% dengan data yang terkumpul sebanyak 55 data dengan rincian sebagai berikut : 19 data dengan persentase 35% tuturan persuasif dalam tindak tutur assertif atau representatif, terdapat juga 7 data dengan persentase 12% tuturan persuasif dalam tindak tutur komisif, lalu terdapat juga 21 data dengan persentase 39% tentang tuturan persuasif dalam sebuah tindak tutur ekspresif, selain itu terdapat 4 data dengan persentase 7% tentang tuturan persuasif dalam sebuah tindak tutur direktif, terakhir terdapat 4 data dengan persentase 7% tuturan persuasif dalam tindak tutur deklaratif. Hasil dari penelitian ini akan diimplikasi terhadap pembelajaran bahasa indonesia di SMP Pada KD 3.14 tentang menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasif yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan actual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca.. Sebagai saran dari penulis, alangkah lebih baiknya penelitian ini harus lebih mendalam untuk dilakukan dan lebih difokuskan pada satu objek kajian spesifik dari 5 macam bentuk persuasif yang telah ada dalam penelitian ini.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:15
Last Modified: 02 Feb 2022 06:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4372

Actions (login required)

View Item View Item