KEMANDIRIAN BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA DARING DI SMK AL-FALAH LARANGAN

NELLY FAJAR SETIAWATY, . (2021) KEMANDIRIAN BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA DARING DI SMK AL-FALAH LARANGAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
NELLY SKRIPSI S8 - Suci Indah Pratiwi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Kemandirian Belajar, Metode Pembelajaran Daring, Bahasa Indonesia. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia serta untuk mengetahu faktor penghambat dan pendukung keberhasilan pembelajaran secara daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitattif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 orang yang dipilih menggunakan teknik purpose sumpling. Data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara serta dijustifikasi dengan hasil wawancara orang tua/ wali peserta didik dan guru. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Belum adanya kesadaran peserta didik untuk aktif dalam belajar menjadi salah satu penghambat pembelajaran. Adapun Handphone dapat dijadikan alat pendukung pembelajaran daring. Saran dari peneliti yakni baik guru maupun orang tua peserta didik harus dapat membangun komunikasi yang baik dengan peserta didik karena keduanya memiliki peranan penting dalam pembelajaran daring. pelaksanaan pembelajaran harus dikelola dengan lebih baik dimulai dari pemilihan aktivitas belajardan strategi pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:58
Last Modified: 02 Feb 2022 06:48
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4383

Actions (login required)

View Item View Item