ANALISIS KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA

RENI ALIYAH AZZAH, . (2021) ANALISIS KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_RENI ALIYAH AZZAH_1717500021 - Reni Aliyah Azzah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, Soal Matematika Tujuan Penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan ketercapaian tujuan pembelajaran yang dicapai siswa dalam penyelesaian soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 14 Tegal Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII D semester genap SMP Negeri 14 Tegal, yang penentuan masing-masing kategori ketercapaian tujuan pembelajaran menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil angket ketercapaian tujuan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket ketercapaian tujuan pembelajaran, tes ketercapaian tujuan pembelajaran, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa (1)tidak semua siswa kategori tinggi dapat mencapai semua indikator ketercapaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM, 1989, p.5). Siswa kategori tinggi pada penelitian ini pada jawaban tes nya kebanyakan kurang menguasai IDK 4 yaitu kemampuan komunikasi matematis, (2)tidak semua siswa kategori sedang dapat mencapai semua indikator ketercapaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM, 1989, p.5). Siswa kategori sedang pada penelitian ini lemah pada soal matematika materi peluang yang jawabannya mengkombinasikan rumus antara materi peluang dan materi lain. Siswa kategori sedang juga kurang menguasai IDK 4 yaitu kemampuan komunikasi matematis (kurang mendata tabel pelemparan dadu maupun keping uang logam serta kurang menggambar diagram venn), (3)semua siswa kategori rendah hampir tidak dapat mencapai semua indikator ketercapaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM, 1989, p.5). Siswa kategori rendah kebanyakan lemah pada IDK 3, IDK 4 dan IDK 5

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:21
Last Modified: 02 Feb 2022 06:49
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4386

Actions (login required)

View Item View Item