PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS CERITA BERGAMBAR TERHADAP KARAKTER BELAJAR PESERTA DIDIK Studi Pengembangan pada Peserta Didik Kelas IV Semester 2 Madrasah Ibtidaiyah Assalafiyah Kemanggungan Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Pokok Pengukuran Sudut

ZAHRO, IIF MUALIMATU (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS CERITA BERGAMBAR TERHADAP KARAKTER BELAJAR PESERTA DIDIK Studi Pengembangan pada Peserta Didik Kelas IV Semester 2 Madrasah Ibtidaiyah Assalafiyah Kemanggungan Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Pokok Pengukuran Sudut. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI IIF MUALIMATU ZAHRO.pdf

Download (8MB)

Abstract

ZAHRO, I. M. 2019 Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Cerita Bergambar Terhadap Karakter Belajar Peserta Didik Materi Pokok Pengukuran Sudut (Studi Penelitian pada Siswa Kelas IV Semester II MI Assalafiyah Kemanggungan Tahun Pelajaran 2018/2019)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Ahmadi, S.Pd.,M.Si Pembimbing II Drs. Paridjo, M.Pd Kata kunci : Pengembangan, Bahan Ajar Cerita Bergambar, Karakter Belajar. Peserta didik MI Assalafiyah Kemanggungan khususnya kelas IV semester II, sebagian menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan tidak menarik, sehingga banyak siswa yang kurang berminat untuk belajar matematika dan lebih sulit bagi guru untuk membentuk karakter belajar peserta didik. Selanjutnya dilakukan penelitian dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan karakter belajar peserta didik dengan menggunakan bahan ajar cerita bergambar, karakter belajar peserta didik setelah diajar dengan menggunakan bahan ajar cerita bergambar lebih baik daripada peserta didik yang diajar sebelum menggunakan bahan ajar cerita bergambar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester II MI Assalafiyah Kemanggungan tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 24 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi bahan ajar dan lembar pengamatan karakter. Selanjutnya untuk mengetahui validitas angket dan lembar pengamatan maka peneliti menggunakan dosen ahli sebagai validator. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t tes, sebelumnnya data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar cerita bergambar yang dikembangkan valid. Ada perbedaan karakter belajar peserta didik sebelum dan sesudah diajar menggunakan bahan ajar cerita bergambar pada pokok bahasan pengukuran sudut.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:09
Last Modified: 22 Jan 2020 02:09
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item