KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN TEKA TEKI SILANG TEHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PELAJARAN MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Pokok Aritmatika Sosial)

ALAMSYAH, MUHAMAD YUSRIL (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN TEKA TEKI SILANG TEHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PELAJARAN MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Pokok Aritmatika Sosial). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
MUHAMMAD YUSRIL A - 1715500052.pdf

Download (5MB)

Abstract

Alamsyah, Muhamad Yusril . 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Teka Teki Silang Terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pelajaran Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Pokok Aritmatika sosial). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Ponoharjo., M.Pd. Pembimbing II Hj. Isnani, M.Si., M.Pd. Kata Kunci : Keefektifan, Teams Games Tournamen(TGT),Teka Teki Silang Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah peseta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan teka teki silang: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematika yang nilainya 72 melampaui 53%, 2) Motivasinya lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajan Teams Games Tournament, 3) Kemampuan pemecahan masalahnya lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament , 4) ada perbedaan motivasi dan kemampuan pemecahan masalah antara yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament, 5) Motivasi dan kemampuan pemecahan masalahnya belajar lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 319 peserta didik. Dari populasi diambil sampel dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VII C eksperimen 1 dan VII A eksperimen 2 serta VII F uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi ,angket dan tes. Instrumen angket motivasi validitas dan reliabilitas dan kemampun pemecahan masalah yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda. Analisis data menggunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, MANOVA dan τ2–Hotelling. Hasil penelitian peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan teka teki silang : 1) Kemampuan pemecahan masalah matematika yang nilainya 72 melampaui 53%, 2) Motivasinya lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajan Teams Games Tournament, 3) Kemampuan pemecahan masalahnya lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajan Teams Games Tournament , 4) ada perbedaan motivasi dan kemampuan pemecahan masalah antara yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament, 5) Motivasi dan kemampuan pemecahan masalahnya lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:09
Last Modified: 22 Jan 2020 02:09
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item