EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN CAMTASIA STUDIO TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 Materi Pokok Segiempat dan Segitiga

NURFAJAR, MOHAMAD SUKRON (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN CAMTASIA STUDIO TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 Materi Pokok Segiempat dan Segitiga. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
MOHAMAD SUKRON NURFAJAR_1715500051.pdf

Download (8MB)

Abstract

NURFAJAR, MOHAMAD SUKRON. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Pembelajaran Camtasia studio Terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap Materi Pokok Segiempat dan Segitiga SMP Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd. Pembimbing II : Wikan Budi Utami, M.Pd Kata kunci : Efektivitas, SAVI, Camtasia Studio, Minat Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dukuhturi yang masih berpusat pada guru dan media pembelajaran kurang menarik bagi peserta didik sehingga minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Model pembelajaran SAVI berbantuan media pembelajaran Camtasia studio lebih baik dari Model pembelajaran SAVI terhadap minat belajar peserta didik. (2) Model pembelajaran SAVI berbantuan media pembelajaran Camtasia studio lebih baik dari Model pembelajaran SAVI terhadap terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. (3) ada perbedaan minat dan kemampuan berpikir kreatif matematis antara peserta didik yang diajar menggunakan Model pembelajaran SAVI berbantuan media pembelajaran Camtasia studio lebih baik dari Model pembelajaran SAVI. (4) Model pembelajaran SAVI berbantuan media pembelajaran Camtasia studio lebih baik dari Model pembelajaran SAVI terhadap minat dan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Populasi penelitian ini peserta didik kelas VII. Pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media pembelajaran Camtasia studio, 1 kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran SAVI dan 1 kelas uji coba. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan uji-t, uji manova, dan uji τ^2-Hotelling. Hasil penelitian menyatakan bahwa bahwa: (1) Model pembelajaran SAVI berbantuan media pembelajaran Camtasia studio lebih baik dari Model pembelajaran SAVI terhadap minat belajar peserta didik. (2) Model pembelajaran SAVI berbantuan media pembelajaran Camtasia studio lebih baik dari Model pembelajaran SAVI terhadap terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. (3) ada perbedaan minat dan kemampuan berpikir kreatif matematis antara peserta didik yang diajar menggunakan Model pembelajaran SAVI berbantuan media pembelajaran Camtasia studio lebih baik dari Model pembelajaran SAVI. (4) Model pembelajaran SAVI berbantuan media pembelajaran Camtasia studio lebih baik dari Model pembelajaran SAVI terhadap minat dan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:27
Last Modified: 22 Jan 2020 02:27
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item