ANALISIS DISTRIBUSI DAN MARJIN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN TERI(Stolephorus sp.) DI TPI LARANGAN KABUPTEN TEGAL

AULIA ROSA PUSPITA SARI, . (2022) ANALISIS DISTRIBUSI DAN MARJIN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN TERI(Stolephorus sp.) DI TPI LARANGAN KABUPTEN TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI AULIA FULL CEK - Aulia Rosa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

AULIA ROSA PUSPITA SARI. NPM 3118500009. Analisis Distribusi dan Marjin Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan Teri (Stolephorus sp.)di TPI Larangan KabupatenTegal.(Pembimbing : SRI MULYANIdanKUSNANDAR) Distribusi adalahrangkaian kegiatan memasarkan produk dari produsen ke konsumen. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui alur distribusi hasil tangkapan ikan Teri di TPI Larangan Kabupaten Tegal dan (2) untuk mengetahui besar marjin yang diterima pelaku pemasaran dalam proses distribusi hasil tangkapan ikan Teri di TPI Larangan kabupaten Tegal.Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2021 di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Larangan Kabupaten Tegal. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola distribusi hasil tangkapan ikan Teri yang dilelang di TPI Larangan Kabupaten Tegal sejak dari pelabuhan sampai konsumen dan marjin pemasaran pedagang ikan Teri di TPI Larangan. menggunakan metode studi kasus, melalui pengamatandan kajian distribusi hasil tangkapan ikan Teridan marjin pemasarannya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa alur distribusi pemasaran Ikan Teridi TPI Larangan ditemukan empat saluran pemasaran yaitu, saluran pemasaran pertama, dari nelayan ke TPI ke pedagang pengepul ke pedagang besar ke pedagang pengecer kemudian konsumen.Saluran pemasaran kedua pada pedagang ikan segar yaitu dari nelayan ke TPI ke pedagang pengepul ke pedagang pengecer kemudian konsumen. Saluran pemasaran ketiga pada pedagang besar atau Pedagang ikan kering dari nelayan ke TPI ke pedagang besar kemudian di ekspor.Saluran pemasaran keempat pada pedagang pepes Ikan yaitu dari nelayan ke TPI ke pedagang besar kemudian konsumen.Analisis Marjin pemasaran terbesar pada pedagang ikan Teri segar yaitu pedagang besar dengan angka sebesar Rp6000/kg, dengan keuntungan sebesar Rp5000/kg. Marjin pemasaran terbesar pada pedagang Teri kering yaitu sebesar Rp42.000/kg dengan persentase keuntungan (80,95%). Marjin pemasaran terbesar pada pedagang Pepes Teri yaitu sebesar Rp100.000/kg dengan persentase keuntungan (83,33%). Kata kunci : Distribusi, Marjin Pemasaran, Ikan Teri.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:50
Last Modified: 10 Mar 2022 03:50
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4539

Actions (login required)

View Item View Item