POLA KOMUNIKASI HUBUNGAN INTERPERSONAL PENGASUH TERHADAP ANAK ASUH DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DI PANTI ASUHAN AISYIYAH KOTA TEGAL

VIRNA ILMIANI YUNIAR, . (2022) POLA KOMUNIKASI HUBUNGAN INTERPERSONAL PENGASUH TERHADAP ANAK ASUH DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DI PANTI ASUHAN AISYIYAH KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI VIRNA ILMIANI YUNIAR SKRIPSI - Virna Yuniar.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Virna Ilmiani Yuniar. 2217500048. POLA KOMUNIKASI HUBUNGAN INTERPERSONAL PENGASUH TERHADAP ANAK ASUH DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DI PANTI ASUHAN AISYIYAH KOTA TEGAL. SKRIPSI. Pembimbing I: H. Diryo Suparto, S.Sos.,M.Si. Pembimbing II: Didi Permadi, M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Anak yang bertumbuh kembang dalam panti asuhan memiliki hak yang sama seperti anak yang berada dalam lingkungan keluarga. Komunikasi yang dilakukan pengasuh guna memberikan motivasi kepada anak asuh dalam hal kepercayaan diri. Berdasarkan hal tersebut pengasuh panti asuhan perlu melakukan pola komunikasi yang baik dalam meningkatkan kepercayaan diri anak asuh. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka muncul pertanyaan, pertama, bagaimana pola komunikasi pengasuh terhadap anak asuh dalam meningkatkan kepercayaan diri anak asuh di Panti Asuhan Aisyiyah? Kedua, bagaimana hubungan pengasuh terhadap anak asuh Panti Asuhan Aisyiyah? Ketiga, faktor apa yang memengaruhi anak asuh dalam meningkatkan kepercayaan diri dalam meraih prestasi di sekolah? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penetrasi sosial yang dipopulerkan oleh Irwin Altman dan Dalmas Taylor. Teori ini membahas perkembangan hubungan melalui 4 tahap yaitu tahap orientasi, tahap pertukaran eksploratif, tahap pertukaran afektif, dan tahap pertukaran stabil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan paradigma konstruktivis yaitu pengetahuan merupakan hasil dari konstruksi manusia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pola komunikasi pengasuh terhadap anak asuh dalam meningkatkan kepercayaan diri adalah pola roda, pola bintang, komunikasi antarpribadi, dan komunikasi kelompok. Hubungan antara pengasuh terhadap anak asuh melalui 4 tahap yaitu tahap orientasi, tahap pertukaran eksploratif, tahap pertukaran afektif, dan tahap pertukaran stabil. Faktor yang memengaruhi meningkatnya kepercayaan diri pada anak asuh yaitu faktor lingkungan dan faktor pendidikan. Kata kunci : POLA KOMUNIKASI, PENGASUH, ANAK ASUH, KEPERCAYAAN DIRI, PANTI ASUHAN AISYIYAH.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Mar 2022 06:41
Last Modified: 14 Mar 2022 06:41
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4650

Actions (login required)

View Item View Item