KINERJA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TEGAL DALAM PERALIHAN HAK ATAS TANAH TAHUN 2019-2020

SUDRAJAT NUR FARIZI, . (2022) KINERJA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TEGAL DALAM PERALIHAN HAK ATAS TANAH TAHUN 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SUDRAJAT NUR FARIZI_SKRIPSI_KINERJA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TEGAL DALAM PERALIHAN HAK ATAS TANAH TAHUN 2019-2020 - Sudrajat Nur Farizi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nama: Sudrajat Nur Farizi, NPM: 2116500053 Judul: Kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal dalam Peralihan Hak Atas Tanah Tahun 2018-2019. Pembimbing I: Sana Prabowo M.Si dan Pembimbing II: DHA Padma Eldo, S.IP, M. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal dalam Peralihan Hak Atas Tanah dan bagaimana kendala dan solusi peralihan hak atas tanah. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini antara lain: ingin mengetahui Kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal dalam Peralihan Hak Atas Tanah dan ingin mengetahui kendala dan solusi dalam peralihan hak atas tanah. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif merupakan penelitian dengan langkah pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara serta observasi langsung dengan beberapa informan yaitu Kepala Seksi Penetapan Hak dan pendaftaran, Analis Hukum Pertanahan, Petugas Loket, Petugas Pelaksana dan Pemohon di Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Kinerha Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal menunjukan bahwa: Pertama Kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal menurut indikator produktifitas, terjadi penurunan kinerja, hak tersebut di sebabkan oleh faktor Covid-19. Hal tersebut mengakibatkan penyelesaian berkas peralihan hak atas tanah di nilai belum cukup baik. Kedua Berdasarkan hasil wawancara, Indikator Responsifitas dapat diketahui bahwa sejauh ini respon Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal terhadap kebutuhan pemohonnya sudah baik. Pemenuhan kebutuhan yang di perlukan masyarakat telah dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pelayanan. Ketiga Akuntabilitas Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal masih belum menemukan hasil baik. Walaupun pelaksanaan dalam pelayanan peralihan hak atas tanah sudah sesuai peraturan yang berlaku, namum menurut masyarakat pelayanan tersebut masih tergolong rumit. Kata Kunci : Kinerja, Peralian Hak Atas Tanah, Kantor Pertanahan

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:20
Last Modified: 15 Mar 2022 02:20
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4679

Actions (login required)

View Item View Item