EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROGRAM MACROS PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP

Neni, Hendaryati and Dewi, Amaliah (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROGRAM MACROS PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Call for Paper 2018. ISSN 9786026006127

Full text not available from this repository.
Official URL: http://snpe.fkip.uns.ac.id

Abstract

Pemanfaatan ICT di SMP sebatas pada pemanfaatan powerpoint sebagai sarana untuk mempresentasikan materi pembelajaran IPS. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan program macros terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain one-shot case study. Subyek penelitian adalah siswa SMP PGRI Kramat dengan populasi sebanyak 67 siswa. Menggunakan purposive sampling, sampel diambil satu kelas yaitu kelas IX dengan jumlah siswa 17 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, studi dokumentasi, dan tes. Analisis data tahap akhir dilakukan uji normalitas sebagai syarat untuk melangkah ke tahap pengujian hipotesis. Untuk mengetahui keefektifan penggunaan macros terhadap peningkatan hasil belajar siswa, dapat dilakukan dengan tiga cara antara lain: 1) menentukan nilai rata-rata posttest, 2) melihat jumlah siswa, dan 3) hasil uji satu pihak(one sample test). Hasil penelitian menyebutkan,1) rata-rata belajar siswa mencapai 69,18, nilai tersebut termasuk dalam kriteria tinggi berdasarkan kriteria kognitif Arikunto. 2)Jumlah siswa yang tuntas sebesar 64, 7% atau 11 dari 17 siswa dalam kelas eksperimen. 3) Hasil uji satu pihak (one sample test) menunjukkan bahwa t hitung = 31.115. T tabel diperoleh dengan df = 16, sig 5% (1 tailed) =1.746, karena t hitung > dari t tabel (31.115 > 1.746 ), maka Ha diterima dan Ho di tolak. Dari ketiga cara yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan program macros terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal efektif diterapkan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Neni Hendaryati Santoso
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:39
Last Modified: 14 Aug 2019 04:39
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item View Item