EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

FAUZIYAH, SYIFA (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

FAUZIYAH, SYIFA, 2019. Efektivitas Model Pembelajaran NHT Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik (Studi Penelitian Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Tegal tahun Pelajaran 2018/2019 Pada Materi Pokok Segiempat). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd Pembimbing II Dian Nataria O, M.Pd Kata Kunci : Efektivitas, model pembelajaran Numbered Head Together, Geogebra, kemampuan komunikasi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model Pembelajaran NHT Berbantuan Geogebra mencapai target KKM 50 sejumlah 55% 2) apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model Pembelajaran NHT Berbantuan Geogebra lebih baik dari pada yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD 3) apakah ada pengaruh model Pembelajaran NHT Berbantuan Geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 185 peserta didik yang terbagi dalam 6 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas eksperimen, 1 kelas kontrol, dan 1 kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji-t satu pihak kanan dan uji regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 5%.. Hasil penelitian menunjukkan : (1) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model Pembelajaran NHT Berbantuan Geogebra mencapai target KKM 50 sejumlah 71% (2) kemampuan komunikasi yang diajar menggunakan model Pembelajaran NHT Berbantuan Geogebra lebih baik dari pada yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yang diajar menggunakan model Pembelajaran NHT Berbantuan Geogebra lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, yaitu dengan rata-rata kelas eksperimen 61,35 dan kelas kontrol 52,13 (3) ada pengaruh model Pembelajaran NHT Berbantuan Geogebra kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen yaitu sebesar 61,49%.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:54
Last Modified: 27 Jan 2020 06:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item