ORIENTASI APLIKATIF KURIKULUM BAHASA INDONESIA BERBASIS KOMPETENSI

Burhan Eko, Purwanto (2003) ORIENTASI APLIKATIF KURIKULUM BAHASA INDONESIA BERBASIS KOMPETENSI. In: seminar nasional “Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi: Pemberdayaan atau Pemerdayaan terhadap Guru”, 21 Juli 2003, FKIP Universitas Pancasakti Tegal. (Unpublished)

[img] Text
jpg2pdf (14).pdf

Download (561kB)

Abstract

Dalam rangka seminar nasional “Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi: Memberdayakan atau Memperdaya Guru” penulis ini diberi kesempatan untuk menulis makalah. Karena penulis ini staf pengajar bahasa Indonesia, maka sesuai dengan kompetensi penulis ini, topik yang diketengahkan pada seminar ini ialah “Orientasi Aplikatif Kurikulum Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. Topik ini sengaja diketengahkan bukan berarti penyaji lebih menguasai segala-galanya tentang kurikulum bahasa Indonesia yang berbasis kompetensi melainkan hanya merupakan secercah pemikiran yang bersifat orientatif dan rangsangan bagi hadirin yang lebih arif dengan harapan untuk bersama kita pikirkan melalui seminar ini tentang pertanyaan atau masalah: (1) Bagaimana bentuk dan materi Kurikulum Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi itu? (2) Bagaimana tantangan dan penanggulangannya? Mungkin hadirin akan bertanya-tanya mengapa tidak dipermasalahkan latar belakang diberlakukannya kurikulum baru dan bagaimana hasil yang dicapai berdasarkan kurikulum lama? Pertanyaan yang terakhir ini sengaja tidak diketengahkan di sini sebab yang paling kompeten untuk mengutarakannya adalah para pembuat kebijakan sendiri dan di samping itu diperlukan hasil penelitian yang akurat. Selain itu, suatu kurikulum yang sudah diprogramkan untuk dilaksanakan sudah tentu bersifat baku. Oleh karena itu, kita yang berperan sebagai pelaksana di lapangan harus tanggap terhadap perubahan ini. Salah satu cara untuk menanggapinya ialah melalui seminar yang sedang dilakukan sekarang ini. Dengan seminar ini diharapkan akan terjadi perbincangan yang proaktif serta sumbang saran yang positif dalam rangka menyongsong penerapannya di lapangan sehingga akan terjadi titik temu antara harapan dan kenyataan yang tidak terlalu menyimpang. Oleh karena itu, marilah kita perbincangkan dua pertanyaan atau masalah tersebut di atas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dr Burhan Eko Purwanto
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:16
Last Modified: 17 Jan 2023 01:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item